Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengurus BUMDesa agar lebih kompeten dan profesional dalam mengelola BUMDesa di desa, Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta telah melaksanakan Pelatihan BUMDesa Angkatan ke VI,pada tanggal 23 sd 26 April 2024. Pelatihan ini bertempat di Gedung Training Centre Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BBPPMD) Jakarta, Jl.Pengantin Ali No.71 A Ciracas Jakarta Timur.Pelatihan ini diikuti oleh 29 orang peserta dari Kabupaten Lebak (17 orang/6 desa) dan Kabupaten Bogor (12 orang/4 desa). Kedua Kabupaten ini direkomendasikan sebagai lokus pelatihan karena Pelatihan BUMDesa Angkatan VI ini bersifat tematik, mengangkat potensi khusus desa yaitu kopi dan gula aren, yang nantinya berpotensi untuk dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Peserta dari masing-masing desa terdiri dari satu orang aparat Pemerintah Desa dan dua orang pengurus BUMDesa.


Pelatihan ini meliputi 32 jam pelajaran, dengan beberapa materi yang diberikan antara lain tentang Regulasi BUMDesa (PP 11 tahun 2021 dan Permendesa No.3 tahun 2021), Pendirian dan Pelembagaan BUMDesa, Mindset Wirausaha, Identifikasi Potensi dan Perencanaan Usaha BUMDesa, Kelayakan Usaha, Perencanaan Model Bisnis BUMDesa dengan Bisnis Model Canvas, Kerjasama dan Kemitraan Usaha ( Proposal Bisnis), Legalitas, dan Pemasaran Online.


Pelatih dalam Pelatihan BUMDesa Angkatan VI ini adalah Bapak Drs Yoedhy Evieyantho, Bapak Yuda Adi Pradhana S.Pi, M.I.L, Bapak Joko Budi Arianto, SE dan Ibu Dyna Maretta Sutan SP.,M Si, yang merupakan Penggerak Swadaya Masyarakat ( PSM) BBPPMD Jakarta. Selain itu dalam pelatihan ini juga turut mengundang narasumber dari BUMN PPI ID FOOD yaitu Bapak Andre Manuhutu (Kepala Divisi Logistik PPI), Bapak Darisman (Manajer WP PPI), Bapak Shenndy Limpratama (Project Lead Coffee Business PPI), Bapak Fuadi ID FOOD dan Bapak Gemma Pahala  (AVP Pengembangan Produk Baru ID FOOD). Tim dari ID FOOD menyampaikan materi tentang potensi dan peluang kerjasama BUMDesa dengan stakeholder terutama dengan BUMN PPI ID FOOD. Ada juga pemateri dari Universitas Pakuan yaitu Bapak Aditya Prima Yudha S.Pi, MM. Beliau selaku akademisi sekaligus praktisi menyampaikan materi tentang Praktik Baik Bisnis Usaha Kopi.


Pelatihan BUMDesa Angkatan VI dibuka oleh Bapak Kepala Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta, Bapak Dr.Enirawan, SP.M.Si. Acara pembukaan pelatihan juga dihadiri oleh Tim dari PPI ID FOOD.


Di akhir pelatihan, peserta menyusun Rencana Tindak Lanjut ( RTL). RTL ini berisi rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh BUMDesa untuk menindaklanjuti hasil pelatihan. Diharapkan Pelatihan BUMDesa ini dapat lebih meningkatkan motivasi, pengetahuan dan kemampuan para pengelola BUMDesa sehingga pengelolaan BUMDesa ke depan dapat lebih efektif dan efisien.

Pelatihan ditutup secara resmi oleh Bapak Kepala Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta, Bapak Dr.Enirawan, SP.M.Si. Dalam arahanya beliau menyampaikan bahwa semoga dengan pelatihan BUMDesa yang bersifat tematik dan mengusung konsep sinergi ini dapat menciptakan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak untuk sama sama bekerjasama memajukan BUMDesa.