Desa wisata merupakan suatu wilayah pedesaan yang menawarkan keaslian baik dari segi sosial budaya, adat-istiadat, keseharian, arsitektur tradisional, struktur tata ruang desa yang disajikan dalam suatu suatu bentuk integrasi komponen pariwisata antara lain seperti atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung lainnya. Untuk mengelola desa wisata, diperlukan pemantapan SDM desa agar bersinergi dalam memaksimalkan penggalian potensi desa dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan.

Sebagai salah satu wujud mendukung hal tersebut, Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Jakarta; Kementerian Desa, PDTT menyelenggarakan Pelatihan Desa Wisata Angkatan VI Tahun 2023. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari yaitu dari Selasa (11/04/23) hingga Jumat (14/04/23). Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 30 orang yang berasal dari 5 desa di Kabupaten Bekasi, yaitu Desa Hegarmukti, Desa Kertarahayu, Desa Karangmukti, Desa Wanajaya, dan Desa Cikedokan. Peserta berasal dari unsur pemerintah desa, BUM Desa, Pokdarwis, dan lembaga desa.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala BBPPMD Jakarta, Dr. Fujiartanto, S.IP, M.M, M.Si, M.A serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi (Drs. H. Iyan Priyatna, M.Si), Kepala Bidang Pengembangan Potensi Desa DPMD Kabupaten Bekasi (H. Harry Ubayana, S.Kom, MM), dan perwakilan dari Kecamatan Cikarang Pusat. Pelatihan Desa Wisata ini dilaksanakan di Aula Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Peserta mengikuti pelatihan dengan sangat baik dan semangat walaupun dilaksanakan dalam Bulan Ramadhan. Hal tersebut dikarenakan materi yang diberikan sangat menarik dan merupakan materi baru bagi peserta. Materi yang diberikan oleh team pemandu yaitu Yunda Azrina Azhar dan Diana Maharani (PSM BBPPMD Jakarta) antara lain Konsep dan Prinsip Pembangunan Desa Wisata, Sistem Tata Kelola Desa dan Kelembagaan, Pemasaran Produk Wisata di Era Digital, serta Penyusunan Proposal Pembangunan Desa Wisata. Selain pelatih dari PSM BBPPMD Jakarta, hadir Narasumber dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi yaitu Waryanto, S.Hut, MA yang merupakan Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda yang memberikan materi mengenai Pembuatan Paket Wisata. Selain materi, diberikan ice breaking yang menjadi bagian favorit peserta untuk menghilangkan kejenuhan.

Kegiatan pelatihan ditutup pada Hari Jumat, 14 April 2023 yang dihadiri oleh perwakilan dari BBPPMD Jakarta dan perwakilan dari Pemerintah Desa Hegarmukti. Dengan telah diselenggarakannya Pelatihan Desa Wisata Angkatan VI di Kabupaten Bekasi ini, diharapkan para alumni peserta dapat memberikan sumbangsih yang lebih baik bagi desanya dalam pengelolaan desa wisata sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh lapisan warga desa.

Diharapkan sinergitas berbagai pihak dapat terlibat dalam pengelolaan desa wisata seperti aparat desa, BUM Desa, Pokdarwis, PKK, Karang Taruna, BPD, dan tokoh masyarakat dapat terjalin untuk bersama-sama mengelola desa dengan berbagai potensi wisata di desanya masing-masing, sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat meningkat.

 

 

Penulis : Yunda Azrina Azhar