(Pembukaan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar)

 

 (Persiapan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar)

 

Kabupaten cianjur adalah salah satu kabupaten di provinsi jawa barat yang terkenal dengan hasil panennya yaitu beras, atau yang sudah akrab di telinga kita yaitu beras cianjur dengan logo cap ayam jago Alam yang sejuk dikelilingi dengan bukit-bukit serta sumber air yang berlimpah semakin menambah keindahan kabupaten ini dan menjadi sumber daya alam yang sangat potensial Sumber air di wilayah kabupaten cianjur umunya digunakan untuk pengairan sawah, namun dapat juga dimanfaatkan sebagai lahan untuk perikanan air tawar. Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat (BBPLM) Jakarta memberikan pelatihan kepada masyarakat kabupaten Cianjur khususnya Kecamatan Cibeber dengan harapan masyararakat yang dilatih untuk budidaya perikan air tawar menjadi terampil dalam mengembangkan perikanan air tawar sebagai mana dimaksud . Pelatihan budidaya ikan air tawar dilaksasnakan di kabupaten Cianjur merupakan pelatihan angkatan ke III dan ke IV dilaksanakan pada tanggal 10 – 14 Mei 2017 dan diikuti oleh 66 peserta terdiri dari desa Kanoman sebanyak 20 orang, desa Cisalak sebanyak 6 orang dan desa Cibokor sebanyak 7 orang. Desa Karangnunggal 19 orang, Girimulya 14 orang. Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur.

 

(Pembukaan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar)

 

(Pembukaan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar)

 

Pelatihan ini dibuka oleh kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat Jakarta yang diwakili oleh Gusti, S.H., M.H. Selaku Kepala Bagian Tata Usaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat Jakarta yang juga dihadiri oleh :

 

1. Dinas PMD Kabupaten Cianjur

2. Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cianjur

3. Camat Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur

4. Kepala Desa yang bersangkutan.

 

Dinas PMD Kabupaten Cianjur yang diwakili oleh sekertaris dinas mengatakan bahwa di kabupaten Cianjur, hanya sebagian desa saja yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), hal ini disebabkan:

 

1.Belum meratanya sosialisasi kepada masyarakat Desa akan pentingnya BUMDES bagi masyarakat desa.

2. Belum siapnya SDM yang ada di desa.

 

Dinas Perikanan Kelautan kabupaten Cianjur yang di wakili oleh Kepala Bidang budidaya perikanan darat mengatakan bahwa, dinas perikanan telah mensosialisasikan kepada masyarakat desa kabupaten Cianjur untuk menggalakkan budidaya ikan air tawar sesuai dengan dukungan sumber daya air yang ada, namun hal ini belum dapat dilakukan karena terkendala dengan anggaran yang ada. Camat yang diwakili oleh Sekertaris kecamatan dan kepala desa Kanoman dan kepala desa karangnunggal dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan menyambut baik kehadiran BBPLM Jakarta kementrian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi atas pelatihan budidaya ikan air tawar di wilayah kerjanya. Selanjutnya mereka memohon dan berharap kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Desa, untuk memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan-pelatihan lainnya, misalkan pelatihan BUMDES, hal ini dikarenakan desa-desa diwilayahnya memiliki potensi sumber daya alam yang bagus, namun belum dapat diolah secara maksimal, selain itu mereka juga memohon bantuan dalam bentuk infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan lain sebagainya, karena desa-desa tersebut masih belum memiliki anggaran yang cukup untuk membenahi infrastruktur tersebut.

 

(Foto Bersama dengan Peserta Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar)

 

(Foto Bersama dengan Peserta Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar)

 

TERIMA KASIH