Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta (BBPPMD Jakarta) melaksanakan pelatihan BUM Desa Angkatan II Tahun 2024 di Kabupaten Mempawah. Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari Penggerak Swadaya Masyarakat BBPPMD Jakarta yang diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 4 Desa yang berada di Kabupaten Mempawah.


Dalam pembukaan pelatihan, Camat Segedong, Arifin menyampaikan ucapan terimakasih kepada BBPPMD Jakarta yang telah melaksanakan pelatihan BUM Desa di wilayah Kecamatan Segedong. Harapannya dengan pelatihan ini, para pengurus BUM Desa mampu untuk menerapkan ilmu dan kompetensi yang diperoleh. BUM Desa menjadi penggerak perekonomian di desa dan memiliki peranan penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. 


Penutupan Pelatihan BUM Desa Angkatan II Tahun 2024 di Kabupaten Mempawah


Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari yang dibuka dari tanggal 31 Januari s.d. 3 Februari 2024. Kerangka besar materi pelatihan diawali dengan regulasi pendirian BUM Desa, penggalian potensi, analisa usaha hingga pelaporan keuangan BUM Desa sesuai dengan Kepmen 136 Tahun 2022. Terdapat total 32 JP yang akan diterima oleh para peserta pelatihan. Bagi para peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan dan dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat kelulusan pelatihan. 


Sebelum pelaksanaan pelatihan diawali dengan kegiatan penjajakan yang salah satu tujuannya yaitu untuk memetakan calon peserta pelatihan serta materi-materi yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil dari penjajakan tersebut, materi yang paling dibutuhkan oleh calon peserta pelatihan adalah pelaporan pembukuan keuangan sesuai dengan Kepmendesa 136 Tahun 2022. Pelaporan pembukuan keuangan dalam BUM Desa sangat penting untuk dipahami oleh para pengurus khususnya bendahara BUM Desa. Laporan keuangan BUM Desa sangat penting terutama saat menjalin kerjasama dengan pihak ketiga atau pada saat BUM Desa akan mengajukan pinjaman ke perbankan. 


Dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kapasitas para pengurus BUM Desa. BBPPMD Jakarta akan terus mengawal para peserta pelatihan apabila mengalami kendala pasca pelatihan. Program selanjutnya yang akan dilaksanakan yaitu pelaksanaan pendampingan alumni pelatihan. Kegiatan ini merupakan pendampingan pasca pelatihan untuk alumni pelatihan terkait dengan perkembangan pelaksanaan rencana tindak lanjut yang disusun peserta pada saat pelatihan.


Petugas : Boris Paedefo & Yunda Azrina